Tuesday, November 25, 2008

Ritual Motor Baru


Waktu dapat tugas ke Balikpapan bulan September kemarin…disela-sela istrahat tiba-tiba si Boss Manager PSDM, cerita mo nawirin motor yang dia pake, katanya mo di jual… !! Mo beli kah mie ? murah kok, pake 1 thn aza ga nyampe, waktu itu juga saya ambil di kantor waktu bundling ama Iklan. “Lho, kenapa pak mo di jual.. ? “, kata ku.

Ga kepake juga, masih ada yang satu nya. Kadang juga di pake ama istri saya aja....anak saya masih kecil cuma 1 orang, ga bisa pake motor “… mo beli mobil ganti baru,,!! Jadi nambah-nambah uang nya…

Setelah di pikir-pikir, kayanya boleh juga tuh,,,!!! Stelah sepakat ama harga.., dduh.. gmana caranya bawa ke samarinda yah,,, kan aku tugasnya di samarinda ga di Balikpapan.. kata si Boss gampang cara pengirimannya… !@_@!! Tunggu aja di kost kamu.. Hahahah.. si booss emang lagi,,baik,, !!

Tlp ama ortu di Banjarmasin, dikasih ijin ga ya,,, beli motor disini,, karena dari dulu ga pernah di boleh’n,,, alasannya macem-2,,,!!! ….

Bissmillah,,,, tlp ortu dulu : ” ma…!! mimie boleh beli motor ga ?? bekas aja kok,, punya bos, mo jual cepat masih bagus kok,…tunai ga pake kredit kok,..ya ya.. yaa …!!

Ortu : “ duhh, ikam ini,,, jangan pakai kredit Lah, kena lama banar berbulan-bulan
nyicilnya ..!!! “

Mimie : “ asyikkk….!!!!”

Ortu : “ mie, jangan lupa di doa’n, di mandi kan ama air kembang..!! minta air sama orang yang bisa disana lah “

Mimie : “ duuh,,, si mama, pake ritual Zaman dulu lagi, tapi ini kan bukan baru…”

Ortu : “ sama aja… duuh… cerewet ikam ini,,, itu lama di orang loo !!

Mimie : “iya iya,,, nnt lah ma ..”

Ternyta Keadaan Zaman boleh berganti, akan tetapi tradisi, budaya, adat, kebiasaan, atau apapun bentuk dan namanya. Tetap berjalan terus, seperti contohnya Tradisi masyarakat kita yang sering kita dengar adalah setelah membeli motor baru, dibantah atau tidak Tetap ada masih yang namanya Ritual mendoakan motor baru, dan bertahan dimasyarakat kita, bentuknya pun bisa bermacam2.

Begitu sampai rumah dari dealer, motor langsung dimandikan pake AIR Kembang supaya, katanya untuk menjauhkan dari bahaya, apakah itu kecelakaan ataupun kejahatan dijalan raya, Ada juga yg bikin bubur merah, yg tujuan nya adalah mensyukuri apa yang sudah kita dapat…. Wkakawkakakak..!!

Beberapa orang tua berpendapat, dan menjelaskan bahwa mandi’in motor pake kembang atau bikin bubur merah buat mensyukuri dan mendoakan apa yg kita sudah miliki dari jaman dahulu,…

Namun ada penjelasan yg menarik dibalik itu boleh percaya atau tidak yaitu setelah motor-motor diproduksi kemudian ditaruh disimpan dalam gudang penyimpanan atau pabrik, biasanya disitu mahluk halus suka bersemayam, beberapa menempel dibenda benda nyata, salah satunya motor yg kita beli itu tadi.

Nah mandi kembang bertujuan untuk membersihkan motor baru kita dari mahkluk halus itu , seperti jin dan lainnya.

Ya..tergantung qt sendiri mau percaya atau tidak terserah pada keyakinan kita…heeeeeeeeee….

No comments: