Tuesday, February 03, 2009

Indikasi Global La Nina


Kabar yang kita dengar tentang Fenomena La Nina memberi sumbangan terhadap terjadinya musim dingin yang menewaskan puluhan orang di seluruh penjuru Eropa sejak November lalu. "Dingin menggigit yang saat ini terjadi disebabkan oleh fenomena La Nina, yaitu mendinginnya permukaan laut di Samudra Pasifik di timur dan tengah di sekitar khatulistiwa," kata World Meteorological Organization (WMO), Jumat lalu.

Mau memasuki pekan ke dua di bulan Februari ini, warga Samarinda dan Kutai Kartanegara (Kukar) di himbau lebih waspada, karena Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Samarinda memprediksi akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang pada pekan kedua bulan ini, sekitar tgl 07 - 15 Februari nanti.

Hal ini disebabkan adanya pengaruh fenomina global, musin di Indonesia juga karena fanomena regional yakni sirkulasi pada musin didaerah Asia-Australia. Gangguan yang terjadi dikarenakan sel tekanan rendah disekitar wilayah negara Filipina, menyebakan pengaruh di yang terjadi adanya hujan lebat dibeberapa wilayah Indonesia termasuk wilayah kalimantan Timur bagian Utara. Yang di kwatirkan adalah biasanya hujan lebat berpotensi terhadap bencana alam terutama longsor... iih takut..... moga saja jangan sampai.... amien !!


No comments: